Chat!

Kamen Rider Fourze - Perjalanan 1 Tahun yang Indah dan Melelahkan

Kamis, 13 September 2012


[Kamen Rider Fouze - Seishun Switch On!]

Finally, Kamen Rider Fourze berhasil kami selesaikan dari episode 1-48. Inilah series pertama yang akhirnya kami sub secara keseluruhan. Banyak suka dan duka dalam project ini. Mulai dari pergantian encoder (bahkan Fourze sempat dipegang oleh 3 encoder). Pada awal rilis, episode 1-3, bach62 masih dalam suasana mudik, encoder jadi dipegang langsung modkores, dan ketika bach62 balik, langsung dihandle lagi oleh dia. Sampai akhirnya mugiwaracheng masuk untuk membiarkan bach62 fokus pada series Super Sentai.

Bagi kami para staff sendiri, ada rasa senang, namun kadang kesal juga saat fans selalu nanyain "Episode ini mana??Kok belum juga??etc etc".
Yah, kami cuma bisa mengurut dada, dan kadang ketawa-ketawa sendiri sambil diskusi melihat kelakuan fans yang serba nuntut cepat gitu. Kadang ada juga yang kesel sampe bilang, "Kalau mau cepat, ya sub sendiri aja sana". Haha, pada dasarnya kami ga marah, cuma tolong lah, mengerti dikit, nge-sub ini cuma sebuah hobi yang kami lakukan di sela-sela rutinitas keseharian kami. Kami juga punya kesibukan sebagai manusia biasa, ada yang sekolah, ada yang kerja juga. Dan kami ga ada yang berstatus NEET (Not in Education, Employee or Training)

Tapi toh, kami juga maklum. Fans nuntut cepat gitu, artinya sub kami emang ditunggu (terima kasih untuk hal ini), dan bahkan kami sendiri juga sering sindir-sindiran sesama staff karena kelamaan nunggu rilis. Adakalanya sambil chat, nanya "Fourze apa kabar?", atau "Gobusters mana??". Yah, itu juga nunjukin, kami juga ga sabar buat rilis cepat. Tapi ya, cuma sekedar becandaan sepintas lalu doang. Toh, kami juga maklum, semua pada sibuk. Dan, lihat sendiri kan? Ketika lagi ga pada sibuk, rilisan bisa dibilang lancar. Malah khusus untuk Fourze dulu pernah rilis pada hari Senin sore.
Itu juga dilema nya, saat kami rilis cepat, dalam benak masing-masing fans, langsung mikir "Oh berarti buat minggu depan, bisa nih rilis cepat lagi". Padahal sama sekali ga. Bisa jadi untuk minggu ini kami rilis Selasa, tapi minggu depan malah rilis di hari Sabtu. Semua kemungkinan itu ada.

Akhir kata, kami seluruh staff #390-Fansub yang terlibat dalam project Fourze, baik series maupun Movie, mengucapkan, terimakasih banyak buat yang sudah setia mengikuti rilisan kami, terimakasih banyak buat yang udah setia menuntut pada kami tiap minggu nya. Dan tentu saja, terimakasih banyak buat yang sudah meramaikan web ini, fanpage, serta twitter. Tanpa kalian, kami ga akan bisa seperti ini.

Kamen Rider Fourze Team :
modkores : Editor (Episode 1-END, Movie Taisen MEGAMAX, Fourze x Shinchan Special, Astro Switch Himitsu Report), Typesetter (Episode 1-END, Movie Taisen MEGAMAX, Fourze x Shinchan Special, Astro Switch Himitsu Report), Encoder (Episode 1-3 SD), Karaoke (Episode 1-14) 
bach62 : Encoder (Episode 4-12 SD, 1-12 HD), mirrorer (Movie Taisen MEGAMAX)
mugiwaracheng : Encoder (Episode 13-END SD/HD, Fourze x Shinchan Special, Movie Taisen MEGAMAX)
wide024 : Translator (Episode 1-26, 33-END, Movie Taisen MEGAMAX, Fourze x Shinchan Special, Astro Switch Himitsu Report), Typesetter (Episode 15-END), Karaoke (Episode 15-END, Movie Taisen MEGAMAX), Encoder (Astro Switch Himitsu Report)
corelpuccino : Image Tracer (Episode 1-END, Movie Taisen MEGAMAX, Fourze x Shinchan Special, Astro Switch Himitsu Report), Translator (Episode 27-32)
VALKYRI : Translation Checker (Episode 27-32), Karaoke (Movie Taisen MEGAMAX)
XerxesBreak : Translator (Movie Taisen MEGAMAX)

Dan inilah sepatah, dua patah kata dari para staff, buat pecinta Fourze selama mengerjakan Fourze :

corelpuccino

wah wah wah... gak kerasa udah tamat aja nih Fourze :D:D:D
padahal awalnya pengen ngedrop nonton abis liat desainnya tapi gak jadi setelah nonton episode pertamanya :D:D:D

kesan selama ngerjain fourze yang pertama sangat menantang
kenapa? soalnya aku mesti ngetrace 40 switch punya fourze dan 4 switch punya meteor
lebih banyak dibandingkan waktu ngerjain gokaiger :hammer:
episode pertama aja langsung pake 5 switch kalo gak salah, dan waktu ngerjainnya juga pas masa lebaran
tapi seiring berjalannya waktu alhamdulillah semua bisa dikerjakan tanpa hambatan yang berarti :nikmat:

masa yang paling sulit itu waktu si wide lagi pengasingan selama 3 bulan dan tugas sebagai translator+TLC aku handle, kalo cuma handle 3 job sih gak masalah tapi waktu itu juga mepet ama deadline Tugas Khusus (syarat sebelum ngajuin Tugas Akhir)
ya walaupun bisa dibilang sulit tapi alhamdulillah melihat antusiasme dan dukungan para fans #390-Fansub bisa menjadi tambahan semangat buat saya :onfire:
hasil project+seminar Tugas Khusus saya dapat nilai A, kerjaan di #390-Fansub juga bisa diatasi dengan lancar :elegan:

pesan yang pertama untuk seluruh staff #390-Fansub, kurang lebih udah 1 tahun kita kerja bareng walopun belom pernah ketemu langsung (kecuali bach62 yang sempat maen ke Malang) tetap jaga silaturahmi dan kalo ada masalah yang berhubungan dengan rilisan atau yang lain segera bilang aja, sapa tau staff yang lain bisa ikut membantu dan maaf kalo kiranya hasil trace saya kurang memuaskan :maaf:

buat mugiwaracheng alhamdulillah bisa mengerjakan tugasnya dengan baik walaupun banyak rintangan yang menghadang, semoga tetap sehat dan tetap semangat :haha:
buat VALKYRI selamat datang dan selamat bekerja untuk rilisan Kamen Rider Wizard :haha:
buat fans setia #390-Fansub mohon maaf kalo rilisan kami sering banget telat, maaf juga kalo kiranya ucapan kami di chatango, di fanpage, di twitter kurang berkenan di hati kalian semua
tanpa dukungan kalian semua kami ini bukan siapa siapa :maaf:

maaf kalo terlalu panjang :haha:

wide024

Kesan pesan selama ngerjain Fourze :

Well, Fourze jadi project pertama yang diambil dari episode perdana. Sebelumnya, aku dan modkores sempat bikin tester dulu dengan Final Episode OOO yang lumayan banyak yang download.
Dan di Fourze, aku total ngambil pos sebagai translator, ga kek di Gokai yang jadi TLC doang. Setelah beberapa episode, kemudian malah bikin karaoke buat opening songnya.
Bisa dibilang banyak suka duka dalam ngerjain fourze, dari kompi modkores rusak sehingga aku juga turun tangan sebagai editor, kemudian aku mesti ke pengasingan selama 3 bulan yang membuat tugas translator direplace sementara oleh corelpuccino. Bahkan kemudian, kesibukan modkores karena UN juga bikin rilisan pending 1 bulan :hammer:
setelah perbincangan yang dalam, akhirnya aku kembali ngambil pos translator (masih dari pengasingan), well..rilisan mulai stabil walau ga begitu stabil banget.
Satu lagi yang unik dari Fourze adalah, inilah series yang melibatkan pergantian encoder dari bach62 ke mugiwaracheng.
kalau ingat kejadian-kejadian unik itu, aku rasanya terharu karena sekarang kami bisa nyelesain project ini sampai akhir.
Yah, tugas baru menanti, Kamen Rider Wizard. Dan welcome juga pada VALKYRI yang bakal replace pos modkores dan aku di bagian typesetting.

Satu hal, kami lahir karena Super Sentai, berkembang karena Kamen Rider, dan besar karena kalian semua, Tokufans pelanggan setia #390-Fansub...
Tetap dukung kami yah :)

VALKYRI

Yo ane staff baru 390-f,id kaskus saya VALKYRI.Baru join fansub ini pas bulan april tgl 11 hehe :D,gara2 waktu itu si wide024 lagi diasingkan di jambi(training kerja) dan rilisan 390-f jadi tersendat,akhirnya 390-f nyari staff tambahan untuk backup si wide024.Karena gak enak ngeliat para fans 390-f minta rilisan fourze mulu,akhirnya saya ngajuin diri untuk jadi staff 390-f,setelah diskusi dengan wide024,dia langsung lapor ke mod,akhirnya setelah melalui beberapa tahap pengetesan,akhirnya saya masuk sebagai staff ke-7 390-f :D .
Projek tes pertama saya ya si pala roket ini,bikin efek henshin dan serangan si fourze atau meteor.Pertama2 sih disuruh bikin efek di aegis,kebetulan pernah megang aegis gara2 iseng bikin karaoke MV SNSD :p jadi udah gk asing lagi dengan yang namanya aegis sub ini.Akhirnya dikasih tutor sama si wide024,awalnya sih bingung dengan tanda '*' di tutornya,ternyata itu buat bikin efeknya -___-,akhirnya dengan latihan saya bisa buat efek dengan aegisub,dan membuat beberapa efek untuk rilisan fourze :)).
Pesan saya kepada seluruh staff,tetap semangat untuk memanjakan para fans kalian,kalian tidak akan sebesar sekarang jika tidak ada fans yang banyak dan selalu mendukung kalian.Pesan untuk para fans,yang sabar ya nunggu rilisan kami,soalnya para staff ada kesibukan juga di IRL so tenang aja pasti rilis kok :D.


mugiwaracheng

Akhirnya selesai juga nih series. Jadi inget pertama ngerjain Fourze, HD ver aku bikin mkv :hammer: Sebenernya dulu pas direkrut saya mau dikasih tugas megang super sentai, berhubung waktu itu bersamaan inet trobel, akhirnya di lempar ke Kamen Rider.
Yah… dalam mengerjakan project KRF ini ada suka dan duka. Sukanya, ngerjainnya enak karena semua tim bisa berkomunikasi dengan sehat, semua masalah diselesaikan bersama, saling membackup. Juga bisa tahu ceritanya sebelum rilis karena sekalian QC… Hehehe… Tambah seneng lagi karena semua fans ikut seneng, dan setia mengikuti rilisan kami. :terharu:
Dukanya, dukanya kalo fail upload terus-terusan karena inet bermasalah. Ini yang paling nyesek, apalagi kalo udah 100% malah fail… Yang terakhir pas UL poje 46 dan 47, fail terus… tapi berkat om wide024 yang membantu UL, link bisa lengkap. Masalah encode juga dulu pernah, ga bisa encode gara-gara meGUI error, kompi kena virus dan harus di inul. Harus reencode juga pernah, gara-gara ga di QC, sub opening ketinggalan :dead: Tapi kami berterima kasih pada seluruh fans karena meski kami telat rilis, anda semua tetap setia menunggu rilisan kami. :terharu:
Itu lah suka dan duka dalam dunia subbing. Tapi, semua itu tidak terasa karena kita saling membackup. Sedikit pesan bagi kalian yang ingin memasuki dunia fansub, jangan anggap fansub sekedar grup. Fansub itu keluarga ke-dua bagi kita, kita berbagi suka dan duka bersama. Dan kalian yang mengawali sebuah fansub, kalian leader, oleh sebab itu jadilah leader yang baik. Jangan merasa sebagai bos yang bisa memerintah anggota seenaknya, perlakukan mereka sebagai keluarga. Jika ada masalah dibicarakan bersama, jangan mengambil keputusan sepihak, di cari solusi yang terbaik untuk tim dan untuk para fans.
Dan seperti yang kami katakan pada saat rilis Gokai Final… “Kami akan berusaha selalu eksis untuk para fans, sebab kami eksis karena para fans yang selalu setia menunggu rilisan kami.”

bach62

kesan ngerjain fourze :

hm.. ngerjain series ini cukup menyenangkan walaupun cuma beberapa episode saja.
mulai dari pemilihan source raw sampai setting buat memproses videonya juga lumayan bingung diawalnya. he3.
kurang lebihnya begitulah.. :)

pesannya selamat menikmati.. :) <pelit banget nulisnya>

XerxesBreak

Fourze ya??walaupun cuman ikutan ngesubs pas movie megamax doang, fourze termasuk rider yang plotholenya ga begitu banyak, agak bocah-bocahan sih karena tema nya anak sma, tapi tetap layak ditonton karena unsur pertemanannya bagus.
Pengerjaan dengan rekan-rekan sih sangat bagus, walau kadang sibuk saat translate movie, tapi tetap bisa dikerjakan dengan baik.
ngesubnya ga diupah, upahnya cuma saat yang donlod itu suka dan terkesan dengan sub yang sudah dibikin, itu udah jadi sebuah upah yang tak ternilai harganya..
itu aja kali, soalnya terlibat di fourze cuma bagian movie sih

modkores
Wah, udah tamat. Ga kerasa sekali. Dulu sama sekali ga ada rencana ngambil Fourze. Dan malahan tadinya ga mau ngambil Fourze. Tapi karena antusias fans yang banyak, akhirnya setelah dirundingkan, akhirnya series ini kami ambil. Banyak banget halangan buat ngerjain series ini, dari mulai komputerku rusak terus, jadi ga bisa ngerjain. Terus internet suka mati-matian, dan lain-lain. Untungnya semua itu ga menjadi halangan buat tetap merilis series ini ke publik. Dan terima kasih buat semuanya yang udah rela nungguin kadang telat seminggu juga tetap setia nungguin. 





24 comments:

Anonim mengatakan...

hihihihihi siap DL di rumah entar pulang sekolahh. makasiihh om !! :D

Anonim mengatakan...

selamat gan, proyek selesai :D
ane pengen banget bisa komunikasi via mobile ama salah satu staffnya, ana pengen nyontek ilmunya, (kalo boleh) :)

Ikhwan BZ mengatakan...

gan, boleh dong net movienya fourze di sub :)

Anonim mengatakan...

Congrats ya project nya sukses... Makan-makan dimana kita :p

Anonim mengatakan...

terima kasih gan . sukses terus :D

yogi mengatakan...

arigato gan
ganbate slalu

JFx98 mengatakan...

thanks ya kak" om" semua
udah mau ngerilis fourze sampe tamat
:):):)

Minibalanar mengatakan...

Walau selama ini hanya SR dan download :malu

Tetapi terimakasih sudah ngesub fourze, dari ep perdana sampai akhir yang aku tonton dari rilisan 390 :D

Semoga wizard nanti juga seperti fourze, Semangat ya kru 390 :)

Best Regard

Minibalanar

wide024 mengatakan...

@siluman junkrik
waduh, gimana ya??dari dulu sih prinsip kami ga ngambil yang Net Movie, karena takutnya ga bisa konsisten..
tapi entahlah, mungkin sewaktu-waktu tiba-tiba rilis kek Astro Switch Report kmaren ini, tunggu aja..

Unknown mengatakan...

Thanks ya 390-fansub...!!
n congratulation projectnya sucses...
Cemungut ea......

rizki ramadhan mengatakan...

terima kasih kepada staff 390-fansub. sudah memanjakan kami yg tinggal download ja..
pokonya terima kasih banyak, sukses selalu :D

Blog AGRIOS mengatakan...

Semangat terus buat senpai semuanya..

buat 390-Fansub dan team, semangat terus buat perjungannya sudah sejauh ini menemani kami.
saya akan selalu mendukung dan setia menggunakan dgn sub. 390 ini..

Terima kasih banyak, senpai..
Arigatou..

Anonim mengatakan...

thanks 390-fansub udah bekerja keras ngesub fourze
tetap semangat

Anonim mengatakan...

semangaaaaat,.

Anonim mengatakan...

bangkit dari kubuuuuurr... :D

Anonim mengatakan...

thx 390-fansub,
mau kasih saran aja,
forze dibuati list link 1-final,
jadi ga buka 1 per 1 artikelnya,
cuma saran se

Dimas reynaldi mengatakan...

makasih untuk semua ,aku menikmati karya kalian
sekali lagi terima kasih banyak ya para juragan :D

Anonim mengatakan...

boleh jga tuh dibuat link 1-selesai
biar ga repot...

Anonim mengatakan...

thx saya nonton nya mpe abis dari eps 1 dah di tinggalin mudik... eh malah langsung tamat mantep dech...

JAVANESE ICE CREAM mengatakan...

sukses selalu gan

Sheva mengatakan...

semoga kebaikan senpai2 diterima oleh Penguasa dunia dan akhirat.....

Admin IC KTM Rasau Jaya mengatakan...

Wah, kesan-kesan dari para staff keren banget. Jadi tambah semangat nih buat nunggu rilisan KR Wizard dari 390-Fansub dan tambah semangat juga buat selalu menjaga silahturahmi sesama staff fansub ane [ walaupun belum ada yang rilis sih, karena pada sibuk semua :( ]

Akhir kata, tetap semangat ya para staff 390-Fansub. Ganbatte! :D

Anonim mengatakan...

terima kasih buat k3 staff admin 390 fansub menyelesaikan episode KR fourzenya, berjya selalu n succes staff 390-fansub

Anonim mengatakan...

thanks om
Owh ya bwat om correlpuccino smpean kuliah dmna mas dmlang??
Siapa tw bsa tw upadte bru dri film serian jepang

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...