Chat!

Tentang Video hi10p

Senin, 12 Maret 2012


[ Contoh Screen cap video hi10p - Credit to Doki ]


Baiklah, kali ini sedikit penjelasan tentang video Hi10P. Format ini mulai merajalela beberapa bulan ini, sehingga menimbulkan pertanyaan banyak orang, makhluk apa ini? Mengapa saya harus kenal dengan format ini? Di sini akan sedikit dijelaskan mengenai format video yang mulai merajalela itu.

Apa itu Hi10P?

Hi10P adalah salah satu dari mode yang diperkenalkan oleh standar H.264/MPEG4-AVC. Standar ini sebenarnya sudah ada dalam spesifikasi H.264/MPEG4-AVC sejak tahun 2005. Hi10P memungkinkan Anda menyimpan gambar dengan kedalaman yang lebih besar, sehingga file akan lebih kaya warna.

Mengapa saya harus peduli dengan hal ini?

Dalam grafik komputer, ada yang disebut colour banding. Colour banding adalah sebuah kondisi ketika gamut harus dicitrakan pada kedalaman warna yang lebih rendah. Pernah melihat foto yang pecah maupun belang saat dilihat di monitor LCD ponsel Anda? Ini disebabkan gamut yang didukung lebih rendah dari apa yang dapat ditampilkan.

Untuk menghilangkan hal ini, digunakan teknik dithering sehingga gambar seolah-olah tanpa cela. Teknik dithering yang dipakai ini harus dibayar dengan ongkos mahal, yaitu meningkatkan bitrate pada video.

Dengan menggunakan kedalaman warna 10 bit, dithering tidak perlu dipergunakan.

Apa keuntungan yang saya raih dengan memergunakan format Hi10P ini?

Ukuran file dapat ditekan sekitar 10-45%. Dengan ukuran yang sama, kualitas lebih baik atau kualitas sama dengan ukuran lebih kecil. Namun, akan terjadi penalti kinerja antara 15-50% karena data yang dipaket akan membuat sistem bekerja lebih keras.



Bagaimana cara saya menggunakannya?

Meskipun format seperti ini sudah lama tersedia, namun belum ada solusi hardware yang mampu memutar file Hi10P ini. DXVA, CUDA, dan sejenisnya tidak akan dapat dipergunakan. Bila anda tetap memaksa memergunakan cara konvensional, akan timbul kilauan pelangi akibat ketidakmampuan untuk memproses file Hi10P.

Lalu, apa yang dapat saya lakukan?

Sampai artikel ini ditulis, hanya sedikit yang bisa Anda lakukan. Saat ini hanya tersedia CCCP beta, VLC trunk, maupun mplayer2 (untuk Linux). Namun jangan khawatir, dalam satu-dua bulan ke depan, sebagian besar codec pack akan mendukung hal ini. K-Lite Codec Pack dan Shark007 Codec Pack akan mendukung ini dalam rilis selanjutnya, CoreAVC akan mendukung ini dalam versi 3, dan ffdshow juga akan segera mendukung. Bila anda tidak sabar menunggu, setia dengan codec pack kesayangan Anda, atau pernah memiliki pengalaman buruk dengan CCCP maupun VLC, paket LAV Codec dapat dipakai dengan tandem pemutar multimedia dan codec pack apapun.

Di mana saya bisa menemukan file dengan format Hi10P ini?

Cari file bertanda Hi10P di situs-situs penyedia file seperti TokyoTosho maupun NyaaTorrents.

Software pendukung untuk memainkan Video Hi10p

K-Lite Codec Pack edisi terbaru bisa dilihat updatenya di SINI
CCCP bisa disedot di SINI
Pengguna Linux bisa menggunakan :
Sementara pengguna Mac bisa menggunakan :
MPlayerX

Minimum Spec PC untuk memutar video setan ini

Berdasarkan Info dari beberapa sumber. PC dengan prosesor generasi Core sudah cukup sanggup memutar video Hi10p tanpa patah-patah atau gambar mengalami efek pelangi. Tapi untuk kebaikan, disarankan dengan PC High end dengan Prosesor Generasi Core i series atau yang setara (entah buat AMD setara nya apaan). Namun untuk yang "hanya" dengan prosesor Dual Core masih sanggup memutar video jenis ini tentu dengan dukungan RAM dan VGA yang mumpuni (RAM minimal 2GB untuk prosesor Dual Core).
Info lengkap dalam bahasa alien di SINI
NB : Video Hi10p masih lancar diputar di laptop saya yang hanya Core 2 Duo dan RAM 2 GB :)

Terimakasih : KAORI Fansub , IbSubs , Over-Time

9 comments:

Anonim mengatakan...

BEJO mengatakan : kapan fansub kira2 akan merealisasikan project ini O_O?

madesu mengatakan...

saya ga keberatan ko soal nya saya pake core i5 dan vga GTX 560 dan yang paling saya jengkelkan adalah koneksi yang terbatas makanya video dengan vormat Hi10p adalah solusi nya

Tendou Souji mengatakan...

Yappari.. omae saykoda...

Gambare... ^_^*

aku ganteng...
:ngacir

Anonim mengatakan...

Soelarman mengatakan : ada requirement minimum nda, untuk menjalankan format ini?

wide024 mengatakan...

@Soelarman
udah ditambahin infonya diatas :D

Zekozimo mengatakan...

Seperti effect Super2XSaI,pada emulator
dan pastinya lebih bagus,,,

Anonim mengatakan...

pepsi man mengatakan: ini Hi10P kapan muncul di 390???

Anonim mengatakan...

Baka Itu Udah Mulai Ada Di Go-Buster EPS 2 HD Dan Fourze Episode 26

Anonim mengatakan...

k-lite codec pack yg baru udah bisa Hi10P blm yaa ??

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...